Pentingkan karakter kita lebih daripada reputasi kita karena karakter adalah diri kita sesungguhnya sementara reputasi adalah apa yang orang lain pikirkan tentang kita. Dengan menyadari hal ini maka kita akan dapat belajar untuk :

1. Membangun integritas dalam diri.

Integritas adalah bagaimana kita bisa bersikap dan bertindak sama, baik saat dilihat oleh orang lain maupun saat tidak dilihat orang. Kita tahu bahwa integritas lah yang akan menentukan karakter kita bukan bagaimana orang lain menilai diri kita. Dengan demikian kita tidak akan lagi memakai topeng di hadapan orang lain agar kita dilihat baik dan sempurna di hadapan orang.

2. Tidak lagi mengambil pusing apa kata orang

Setiap orang selalu punya hak untuk menilai orang lain. Apabila kita terlalu pusing dengan apa kata orang maka kita tidak akan pernah bisa menjadi diri kita sendiri. Kita akan terus berusaha membangun reputasi baik di mata orang sementara kita sendiri tahu bahwa karakter kita tidaklah demikian. Akibatnya, kita menjadi orang yang munafik yang bisa bersikap berbeda saat tidak ada orang dan saat di hadapan orang lain.

Jauh lebih pentingkan karakter kita daripada sekedar reputasi karena karakter adalah diri kita yang sesungguhnya.

Paulus Darmawan
Konsultan Asset and Purpose Coach
081958888877

Komentar

Postingan populer dari blog ini