Hati-hati dengan siapa yang kita sebut sebagai teman. Pastikan mereka sudah melewati beberapa gerbang berikut ini.

F : Fight for you
Apakah mereka memperjuangkan kita? Seorang teman yang baik pasti akan memperjuangkan kita apa pun keadaannya. Mereka tidak akan rela kehilangan kita karena tahu seberapa berharganya kita.

R : Respect you
Apakah mereka respek kepada kita atau sebaliknya memperlakukan kita secara semena-mena? Sekali-kali becanda dan membully tentu tidak menjadi masalah untuk menimbulkan keakraban tetapi jika sudah berujung kepada tidak menghargai terutama kepada yang lebih tua dan bersikap seenaknya, itu artinya mereka memang tidak respek kepada kita.

I : Include you
Teman yang baik pasti akan ada bersama kita baik saat suka maupun duka. Sayangnya ada orang-orang yang saat dia senang, mereka menghilang dan baru datang kembali nanti saat mereka ada masalah. Atau sebaliknya, saat kita ada masalah, mereka menghilang entah kemana dan pura-pura bego lalu saat kita sedang senang barulah mereka datang menghampiri.

E : Encourage you
Apakah mereka mendorong kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi atau sebaliknya mereka malah marah saat kita berusaha menjadi lebih baik? Ada orang-orang yang malah ingin kita begitu-begitu saja. Saat kita berusaha berubah menjadi lebih baik, mereka malah menghina kita dan berusaha menjatuhkan kita.

N : Need you
Seorang teman yang baik membutuhkan keberadaan kita. Mereka tahu bahwa mereka tidak bisa hidup sendirian atau berdua dengan pasangan mereka saja. Apapun status mereka baik single maupun couple, mereka tahu bahwa seorang teman tidak akan tergantikan dan pasti dibutuhkan.

D : Deserve you
Seorang teman berhak mendapatkan yang terbaik dari diri kita karena itu berusahalah selalu menjadi lebih baik buat teman-teman kita juga. Jangan menjadi orang yang take it for granted yang hanya mau menerima saja tanpa mau memberi.

S : Stand by you
Apakah mereka selalu berdiri di sisi kita terutama saat kita paling membutuhkan mereka atau sebaliknya mereka satu per satu malah meninggalkan kita? Seorang teman yang baik pasti akan selalu berada di sisi kita terutama di saat kita sedang amat membutuhkan mereka.

Jadi, apakah orang-orang yang kita sebut teman itu sudah berhasil melewati gerbang di atas? Jika tidak, pikirkan kembali apakah mereka sungguh-sungguh teman-teman kita atau bukan.

Paulus Darmawan
Konsultan Asset and Purpose Coach
081958888877

Komentar

Postingan populer dari blog ini