Hal terakhir yang bisa dipakai untuk menguji karakter seseorang adalah dengan memberikan mereka kebebasan atau kepercayaan. Kebebasan menunjukkan apakah seseorang tersebut adalah orang yang bertanggung jawab atau tidak. Kepercayaan menunjukkan apakah orang ini bisa dipercaya atau tidak. Saya punya seorang teman yang punya anak buah dan sudah bekerja lama mengikut teman saya ini. Karena masa bakti orang ini yang sudah begitu lama, suatu ketika orang ini diberi kepercayaan oleh teman saya untuk memegang sejumlah uang saat teman saya ini tidak ada. Apa yang terjadi setelahnya? Orang ini kabur membawa uang yang dititipkan oleh teman saya ini. Sebagian kita mungkin bisa berkata mungkin karena orang ini sedang butuh uang. Sekedar informasi, keuangan orang ini baik-baik saja dan tidak ada masalah. Sebaliknya, hal ini menunjukkan karakter asli orang tersebut apakah bisa dipercaya atau tidak. Saya juga teringat ketika saya kecil saya mempunyai seorang teman yang sering sekali main ke rumah saya. Pada mulanya teman saya ini begitu sopan tetapi seiring berjalannya waktu, dia mulai menunjukkan karakter aslinya. Dia mulai berani mengacak-acak rumah saya kesana kemari kemudian masuk ke kamar mandi untuk main sabun dan hal-hal lainnya yang mana membuat orangtua saya kesal. Saya ingat juga pada mulanya teman saya ini ramah memanggil mama saya dengan sebutan tante ketika berkunjung. Tetapi lama kelamaan, karakter aslinya mulai keluar dan ketidaksopanannya dengan orang yang lebih tua mulai muncul. Kebebasan dan kepercayaan adalah ujian yang juga bisa kita pakai untuk melihat karakter asli seseorang. Orang-orang yang pada dasarnya tidak dapat dipercaya, yang tidak beretika, yang tidak punya sopan santun, yang tidak punya tatakrama dan yang tidak respek terhadap orang yang lebih tua akan kelihatan karakter aslinya saat diberikan kebebasan dan kepercayaan. Sebaliknya, orang-orang yang pada dasarnya memang dapat dipercaya, yang santun, yang punya tata krama, yang punya etika dan respek kepada orang yang lebih tua akan semakin menunjukkan sinarnya ketika diuji.

Paulus Darmawan
Konsultan Asset and Purpose Coach
081958888877

Komentar

Postingan populer dari blog ini