Diam adalah bahasa yang hanya dapat dimengerti oleh orang-orang yang sungguh-sungguh peduli dengan kita. Seperti saya ceritakan sebelumnya dimana saya mulai menghentikan kenakalan saya ketika orang tua saya mulai diam dan saya mengerti bahwa mereka sungguh serius. Hal itu dapat terjadi karena saya peduli dengan mereka. Saya teringat pula perkataan mereka yang berkata, selama mereka masih marah dan menegur itu berarti mereka masih peduli tetapi jika mereka sudah sampai diam artinya mereka sudah tidak mau tahu lagi. Di saat itulah, saya yang harus peduli karena berarti kenakalan saya sudah tidak bisa ditolerir lagi. Di dalam relasi kita dengan orang lain, mungkin ada juga orang-orang yang akan dengan mudahnya mengerti arti di balik keheningan kita. Hargailah mereka karena mereka adalah orang-orang yang sungguh peduli dengan kita. Namun juga tidak perlu berkecil hati apabila ada orang-orang yang tidak bisa mengerti arti di balik keheningan kita. Mungkin, mereka adalah orang-orang yang tidak terlalu mengenal kita dan tidak peduli dengan kita.

Paulus Darmawan
Konsultan Asset and Purpose Coach
081958888877

Komentar

Postingan populer dari blog ini