Ada pepatah berkata bahwa keheningan berbicara jauh lebih banyak daripada kata-kata. Karena itu, orang-orang yang tidak pernah mengerti arti di balik keheningan kita maka tidak akan pernah mengerti arti di balik kata-kata yang kita ucapkan. Saya ingat ketika kecil apabila orangtua saya marah maka mereka akan mengeluarkan kata-kata untuk membuat saya tidak nakal lagi. Terkadang, kata-kata itu tetap saya abaikan dan tetap melakukan kenakalan yang saya buat. Tetapi apabila mereka sudah sampai diam dan memasang raut muka yang serius maka saya tahu bahwa saya harus segera menghentikan kenakalan saya. Sayangnya dalam hidup ini, ada orang-orang tertentu yang meskipun kita sudah diam tetapi mereka tidak dapat mengerti. Karena itu, kita perlu belajar untuk tidak perlu lagi menghabiskan energi untuk berkata-kata kepada mereka karena apabila mereka tidak bisa mengerti arti di balik hening kita maka mereka juga tidak akan pernah mengerti arti di balik kata-kata kita.

Paulus Darmawan
Konsultan Asset and Purpose Coach
081958888877

Komentar

Postingan populer dari blog ini