99% orang akan menjawab melihat sebuah titik hitam dibandingkan selembar kertas putih yang jelas lebih dominan disana. Itu lah gambaran manusia yang amat sangat mudah melupakan kebaikan yang dilakukan oleh seseorang hanya karena satu kesalahan yang dibuat oleh orang itu. Ada pepatah berkata, "ibarat kemarau setahun hilang dengan hujan sehari."

Begitu pun semua kebaikan apa pun yang kita lakukan kepada seseorang akan dengan mudah mereka lupakan hanya karena satu kesalahan yang kita perbuat. Itu lah natur manusia yang pada dasarnya sulit menghargai orang lain dan tahu berterima kasih. Cara paling mudah untuk mengukurnya adalah, apabila diri kita sendiri amat sangat mudah melupakan apa yang sudah orang tua kita lakukan kepada kita sedari kecil atau kita tidak menghargai mereka serta saudara-saudara kita yang lebih tua maka amat sangat mustahil kita bisa menghargai orang lain dan bisa menyimpan kebaikan orang lain dalam hidup kita. Apabila karena kesalahan orang tua kita atau kebodohan kakak kita saja dapat membuat kita melupakan semua kebaikan mereka maka apa yang orang lain lakukan seberapa pun luar biasa baik dan berharganya akan kita hempaskan hanya karena kita salah paham dengan mereka.

Belajarlah untuk tahu berterima kasih dan menghargai kebaikan orang di sekitar kita. Lihatlah kepada kertas putih yang dominan dibandingkan satu titik hitam yang ada di sana.

Paulus Darmawan
Konsultan Asset and Purpose Coach
081958888877

Komentar

Postingan populer dari blog ini