Katakan perkataan ini setiap hari untuk diri kita sendiri apabila saat ini kita begitu sulit untuk memaafkan dan mengampuni orang lain. Ingatkan diri kita sendiri perkataan ini bahwa "saya memaafkan agar saya sembuh", "saya memaafkan untuk melepaskan beban-beban saya selama ini", "saya memaafkan agar saya dapat melanjutkan kehidupan saya kembali", "saya memaafkan agar pikiran saya bisa merasa tenang" dan "saya memaafkan agar saya dapat merasa lebih baik."

Memaafkan dan mengampuni sesungguhnya benar-benar untuk kebaikan diri kita sendiri. Karena hidup ini masih harus terus berjalan dan berlanjut ke depannya. Kita tidak akan pernah bisa berjalan dengan baik apabila kita terus membawa beban-beban kesalahan orang lain di bahu kita. Kita tidak akan pernah bisa berpikir jernih apabila yang ada di pikiran kita hanyalah ingatan akan apa yang sudah orang lain perbuat kepada kita. Ingatlah bahwa this is our life. Kita lah yang bertanggung jawab penuh atas hidup kita sendiri dan bukan orang lain. Memaafkan dan mengampuni akan membuat hidup kita pulih dan bisa berjalan dengan baik kembali. Mari belajar memaafkan dan mengampuni. Selamat Idul Fitri buat semua teman-teman yang merayakan.

Paulus Darmawan
Konsultan Asset and Purpose Coach
081958888877

Komentar

Postingan populer dari blog ini