Penjual yang baik menempatkan dirinya di pihak pembeli dan bukan di pihak perusahaan. Saya mendapati banyak sekali penjual lupa kepada siapa mereka harus loyal. Banyak penjual terlalu loyal dengan perusahaannya sampai-sampai mengorbankan kepentingan pembelinya. Para penjual ini menjadi fanatik dengan perusahaannya dan seperti dicuci otak sehingga tidak lagi memikirkan nasib pembeli mereka dan semata-mata hanya berjuang untuk kepentingan perusahaannya. Ada juga pembeli yang begitu egois dan hanya memikirkan kepentingannya dan kantongnya pribadi sampai-sampai rela merayu, membujuk bahkan sampai menipu pembeli yang penting orang itu membeli dari mereka. Sebagai penjual, tempatkanlah diri kita di sisi pembeli. Hal itu lah yang akan membuat relasi dan profesi kita berjalan lama.

Paulus Darmawan
Konsultan Asset and Purpose Coach
081958888877

Komentar

Postingan populer dari blog ini