Hidup itu seperti mengendarai sepeda. Dua hal yang bisa dipelajari adalah untuk tetap melangkah maju, kita harus terus mengayuh pedalnya dan menjaga keseimbangan.

1. Apabila kita berhenti mengayuh maka otomatis kita akan terjatuh. Karena itu jangan sampai masalah dan kesulitan yang ada di hadapan kita membuat kita berhenti mengayuh. Selama kita tetap terus mengayuh pedalnya maka kita akan tetap terus bergerak ke depan. Tidak peduli meskipun jalanannya begitu mendaki terjal dan kayuhan sepeda kita semakin lambat tetapi selama kita tetap terus mengayuh maka kita tidak akan pernah terjatuh.

2. Hal kedua yang harus diperhatikan juga untuk tetap menjaga keseimbangan kita. Jangan sampai hidup kita menjadi tidak seimbang. Apabila masalah kita begitu besar, kita pun harus menyesuaikan diri dengan terus belajar hal baru agar kita tidak mudah digoyahkan oleh masalah dan tantangan yang ada. Seimbangkan juga waktu beristirahat dan bekerja agar kita tidak terlalu letih mengayuh dan akhirnya terjatuh juga.

Selama kita bisa menjaga keseimbangannya dan tetap terus mengayuh pedalnya maka kita pasti akan tetap terus melangkah ke depan.

Paulus Darmawan
Konsultan Asset and Purpose Coach
081958888877

Komentar

Postingan populer dari blog ini